headlines

21 Mei 2009

Fashion Show, Mertua & Kenangan Pemilu

22 Mei 2009

 

Fashion Show

Malces - Jakarta

Mau coba nulis yang ringan-ringan aja nih dan mungkin ga penting untuk sebagian KoKiers. ceritanya mo coba-coba jadi wartawan mode meliput fashion show. Karena baru coba-coba jadi maaf aja yah kalo tulisannya masih amburadul dan fotonya ga bagus dan mudah-mudahan layak tayang.

Tgl 5 Mei 2009 kemarin di selanggarakan fashion show designer baru di salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Suatu kebanggaan jika designer baru sudah berhasil menyelenggarakan fashion show tunggal. Kalo designer yang sudah punya nama, mereka mengadakan show tunggal ada yang 1 tahun sekali or 2 tahun sekali, tergantung dari designernya. Sebelum fashion show ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan yaitu fitting baju, Gladi Resik (GR) dan make up. Untuk fashion show ini hanya ada 15 model yang memeragakan baju. Jumlah baju yang diperagakan model maksimal 4 baju.

make up 2

make upKet Foto: Model–model Sedang Di’make-up.

GR 

baju

Ket Foto: Latihan Blocking

Kadang–kadang orang awam pikir kerjaan model gampang, datang, gladi resik, make up, dan show. Kalo lagi GR model harus ngafalin blocking, oh ya blocking itu titik-titik dimana model harus pose, kalo salah bisa dimarahin sama koreografernya, apalagi kalo koreografernya yang galak. Wah bisa abis dimarahin deh. Pernah ada model yang salah blocking trus dimarahin sama koreografernya: ”kalo goblok jadi pembantu aja ga usah jadi model” ngomongnya pake microphone lagi, satu ballroom kedengeran semua. Bagaimana tuh perasaaan model dimarahin seperti pembantu (maaf yah bukannya mengecilkan arti pembantu)

Running order model

Ket Foto: Running Order Models (urutan model keluar)

Model harus keluar sesuai dengan running order, running order ini dibuat berdasarkan baju yang akan ditampilkan oleh designer.

Baju-baju yang akan dipakai model, maaf nih ga ada foto model yang lagi ganti baju, kalo ada foto model sedang ganti baju ntar dikira porno aksi lagi. Baju disusun sesuai sequence. Dalam fashion show ada beberapa sequence, tergantung dari jumlah baju yang akan ditampilkan oleh designer. Kalo mo liat model lagi ganti baju harus perempuan asli atau setengah laki-laki dan setengah perempuan hehehehe.

briefing model

Ket Foto: Briefing Sebelum Mulai Show

Model berbaris menunggu giliran keluar. Pas fashion show model harus ganti baju cepet sekali kira-kira 1 menit mereka harus udah ganti baju berikutnya.

menunggu giliran

the show 1 the show

Ket Foto: And The Show Time

Fashion shownya sukses dan tamu yang datang kira-kira 350 orang, banyak tamu yang berdiri karena tidak kebagian kursi.

Segini dulu hasil corat-coret laporan sederhana yang saya lengkapi dengan foto-foto seadanya ini. Jika ada fashion show lagi, INSAALLAH saya akan menulis lagi buat KoKi. Itu juga kalo tulisannya layak untuk ditayangkan.

Terima kasih untuk Mea yang sudah membantu.Terima kasih untuk Zev....



Mertua

Srikandi – Bogor & Thia – Mekkah


Halooooooo KoKiers diseluruh penjuru dunia, apakabar? Asyik juga ya nih "gubuk" bisa tetep mempertemukan kita semua...

Artikel ini mungkin terselip di inbox si Mamak, karena sudah lebih dari 6 bulan ditunggu, ngak muncul-muncul sampai akhirnya kita pindah kesini, ya untuk tetep saling bertemu dan berkoko, saya kirim aja ke sini ya.

Suatu hari yang cerah

Lagi asyik memandang si muka datar 17” tiba-bisa Hp bunyi.. dengan malas saya angkat juga, sebab nomor yang masuk ternyata seorang teman dekat. Kita sebut aja, namanya si Dorce ya…!

Dorce: Cepat deh, kamu nonton di TPI, aduh aku bingung, gimana nanti mantuku ya?

Srikandi: Lho, belum juga jadi mertua, udah bingung sama mantu! Gimana kamu ini?

Dorce: Anakku 4 lelaki semua, ayoo kalau mantuku kayak di sinetron itu ...modar deh aku.

Srikandi : Lha.. kamu ini kalau ngak mau dijahatin mantu, lha wong jadi mantu yang baik donk, dari sekarang sayang tuh mertuamu!

Dorce: 'kan kamu tau, mertuaku semua sudah di alam kubur, gimana aku mau berbuat baik, supaya nanti mantuku baik semua?

Srkandi : Ya buat baiklah sama semua orang tua, mertua orang, biar ntar semua mantumu mau berbaik juga dengan kamu mertuanya.

Dorce: Duh, kamu ini.., orang lagi bingung koq disewotin? koq ada ya sinetron gitu.., yang bikin hati aku tambah takut!

Srikandi : Ya say.. jangan ditonton apa! 'kan itu cuman film, belum tentu ada mantu jahat se-extrim gitu! ok ya, nanti kita terusin ngobrolnya, sekarang aku mau ngetik dulu.

Eh.. waktu balik kembali memandang monitorku si muka datar 17". Baru beres ngobrol di telepon, tau-tau YM di buzzz sama nyonya bohay dari Arab yaitu jeng Thia, yang akhirnya nyambung deh ngomongin mertua lagi.

Srikandi: Thia, kamu anak lelakinya ada dua yah?, Saya juga ada dua tuh! kamu takut ngak, kalau nanti mantu-mantu kita jahat sama kita?

Thia: Insya Allah, Sri, kalau kita baik sama mertua, masak kita dibalas dengan dikasih mantu yang jahat?

Srikandi : iya juga ya!, saya juga mikir gitu, maka sama mertua saya sayang banget, kayak ke mama sendiri, mertua juga sayang banget sama mantu paling muda yang mungil dan kece lagi.. hahahahahaaa....

Mertuaku cantik, Mertuaku lembut..

Jujur aja, diam-diam saya sering memandang kagum wajah ibu mertua, ada kelembutan yang luar biasa terpancar dari sana, sering saya pikir.. ...apakah semua orang yang lahir ditahun-tahun sebelum perang dunia ke 1 atau ke 2, mempunyai jiwa yang lebih baik, lebih sabar, lebih mengayomi, lebih mengerti dan tau diri, serta sopan banget.

Dari sembilan mantu ibu mertua, hanya saya yang tidak bisa bahasa Jawa, dan sayalah mantu satu-satunya yang tidak sempat bertemu ayah mertua, beliau sudah meninggal dunia justru di tahun saya lahir!

Sebagai mantu terakhir dengan umur paling muda, walaupun dalam urutan saya adalah mantu dari anak ke tiga. Banyak hal saya pelajari untuk beradaptasi dengan keluarga besar suami yang begitu 'nyedulur' (erat persaudaraannya). Di bawah suami saya, semua adik perempuan, dan semua sudah berkeluarga, dengan anak rata-rata sudah remaja.

Saya ingat, setelah resmi bertunangan, saya diajak berziaiah kemakam ayah mertua, dan disitu untuk pertama kali seluruh kakak beradik suami saya hadir, dan setelah selesai ziarah, kami makan bersama. Ibu mertua saya tahu, saya sangat canggung berada di tengah keluarga besar, beliau berkata sambil duduk di samping saya : "nak, ini jangan lodeh.. ini jangan garang asem, ini jangan semur, ..ini sambal!"

Duuuh… saya pikir ini, ibu mertuaku lagi ospek apa gimana, koq semua sayur ditunjuk pake bilang 'jangan' terus yang boleh cuma sambal doang. Walaupun saya tahu ini, nggak mungkin serius.. tapi koq berkali-kali bilang: ambil ikannya.. Nak, ambil ikannya.. koq makan cuman sama sambal?

Duh, saya gemetaran, di mana ada ikan? Lho sayurnya cuman sayur lodeh, garang asem 'kan isinya daging ayam, trus semur 'kan daging sapi! Duuuuuuh mana ikan yang disuruh makan? Sambal udah saya makan dari tadi, sedangkan yang lain katanya Jangan. Setelah liat saya melongo Oon, ndlongop...ngop...tiba-tiba : huuahahahaahaa Semua meledak tertawa.. mereka baru sadar.. saya tidak mengerti bahasa Jawa.. jangan = sayur! semua daging = ikan…!

Ibu mertua saya langsung meraih saya yang duduk disampingnya, dan mendekap kepala saya ke dadanya, duuuh rasa nyaman dalam dekapannya, dia mencium rambut saya.. dan sambil ngikik tertawa ditahan.. dia bilang : "nak…. Belajar kenalan dengan bahasa Jawa ya!" Saya merasa semua sayang pada saya, hanya komunikasi yang masih terhalang. Tak heran saya yang biasanya mulut nyerocosss terus, atau istilahnya si Thia kayak petasan cabe rawit, sekarang ini diam aja, kayak orang sakit gigi!

Ibu mertua saya tinggal dengan putrinya nomor lima di Semarang, dan hanya sekali-kali beliau bisa datang ke rumah kami di Bogor. Kami tiap akhir tahun pasti menengok beliau di Semarang. Saya sempat mengenal ibu mertua selama 16 tahun, saya bersyukur dalam waktu itu kami sangat akrab. Saya ingat waktu melahirkan anak pertama, ibu mertua bersama Mama, bergantian menjadi 'pengawas'.

Beliau-beliau ini masih memakai ritual dan tata cara kuno dalam perawatan habis melahirkan, seperti: perut harus pakai bengkung/gurita (stagen) yang kenceng banget! Mirip membelit lepet (lemper). Mereka bilang, supaya perut saya tidak jadi gendut, dan sampai 40 hari saya tidak boleh keluar rumah, karena bisa kena angin dingin di luar, juga tidak boleh keramas.. huuuuuuups bayangkan 40 hari tuh rambut baunya kayak apa?

Tiap pagi dan malam, harus minum jamu habis bersalin, setiap selesai buang air seni, harus dibasuh (cebok) dengan air rebusan daun sirih dicampur daun ngiana (jawer kotok). Tiap hari harus menghabiskan 1 panci godokan 1 ekor ayam masak makyu (campuran arak tape ketan, dengan jahe dan bawang putih).

Tiap malam dan tiap pagi, seluruh badan dan pelipis diborehin mangir, dan borehan beras kencur di sepanjang kaki. Ooooh saya berterima kasih atas semua ini, sekarang saya boleh berbangga, ternyata betul.. perut saya tidak menjadi gendut dan kendur, padahal pernah hamil dan melahirkan sebanyak tiga kali. Kulit perutpun mulus, tidak ada bekas parut dan noda-noda seperti umumnya orang yang pernah hamil dan melahirkan.

Tahun 1996, ibu mertua 'sakit tua', dan dirawat di RS Telogorejo Semarang. Saya minta pada suami untuk ambil cuti tahunan sekaligus, karena saya berniat merawat ibu mertua saya, yang mungkin untuk terakhir kalinya, mengingat usianya sudah 87 tahun. RS Telogorejo saat itu mempunyai wisma tamu di lantai 4, jadi anak dan suami tinggal di wisma tamu, sementara saya menjaga di kamar perawatan ibu mertua, ipar-ipar saya tidak ada yang kuat bergadang, maka setiap hari, saya merawat beliau sekitar 18 hari sampai wafatnya, dan ini membuat saya populer dengan sebutan "Si Mantu". Saya bangga dengan panggilan ini.

Suatu pagi sekitar jam 5 subuh, saya terbangun dengan suara panggilan, saya heran.. ibu mertua bisa memanggil nama saya dengan jelas.., terus beliau juga memanggil nama suami saya, maklum dia anak kesayangan ibu, dan anak paling akhir berumah tangga, dan dua anak kami masih balita. Insting saya mengatakan bahwa saatnya beliau mau 'berpulang'. Saya peluk dan cium pipinya, dan saya bisikan di telinganya, permohonan maaf jika saya ada kesalahan, tak lama setelah semua berkumpul, benar , Ibu berpulang dengan senyum! Saya berbisik : "Sampai bertemu di kehidupan yang lain.. ibu!"

Satu kalimat beliau yang saya ingat sampai sekarang yaitu "Seorang ibu mampu merawat 9 anaknya dengan baik, Tetapi apakah 9 anak mampu merawat seorang saja ibunya?"

Saya berharap ketiga anak saya mampu merawat saya sebagai ibunya. Saya pribadi tidak keberatan jika harus tinggal di panti jompo, karena prinsip saya: hidup janganlah menyusahkan anak-anak. Kedekatan hati bukan kedekatan jarak, adalah lebih penting. Seperti sekarang, anak-anak tinggal di kost dan kami tidak tiap hari bertemu, tapi komunikasi kami sangat lancar, hati kami sangat dekat satu dengan lainnya.

Saya selalu katakan pada anak-anak, "Mama rela diam dipanti jompo, jika waktunya sudah tiba, biarlah tangan orang upahan yang mengerjakan apa yang diperlukan untuk mengurus ke'jompoa'an mama, tapi Mama ingin hati kalian tetap bersama mama sekarang dan selamanya"

saya ingin menjadi mertua yang baik untuk anak mantu saya, dan berharap merekapun akan memangggil saya: Mertuaku sayang………!

Yang jelas, pastinya semua orang tidak mau punya mertua galak, juga tidak mau punya mantu jahat! Untung deh Srikandi ternyata punya mertua yang baik banget.

Salam hangat untuk semua mantu dan mertua dimanapun berada.

Aku seneng nulis join dengan Srikandi salah satu sobat yang saya temukan melalui KOKI, dibawah ini ceritaku tentang mertua yang aku miliki dan sayangi, semoga semua KoKiers bisa dapat mertua sebaik dan sayang seperti yang aku punya!

Duh mak Zev cepetan donk rumah barunya diresmikan, udah ngak sabar nih, di sini aku ngak bisa nulis koko, udah diajarin tapi tetep aja ngak muncul tulisanku itu.

Thia - Mekkah

Trenyuh hatiku memandang wanita ini terbaring lemah dengan perut yang membusung dan badan yang tinggal kulit dengan tulang. 'Mama" begitulah aku memanggil wanita ini, beliau adalah mertuaku yang aku merasakan ibu kandungku sendiri, kini terkulai tiada daya bergelut dengan penyakit yang saat itu bersemayam di tubuhnya. Mama adalah sosok wanita yang tegar, selama aku jadi mantunya aku tidak pernah mendengar beliau berkeluh-kesah, sampai penyakit datangpun dia tidak merasakannya.Sebenarnya kami sudah melihat adanya kelainan di tubuhnya seperti perutnya yang mulai membesar yang selalu kalau kami tanyakan dia hanya bilang masuk angin, kalau ingin dibawa ke dokter selalu menolak sampai suami memaksa barulah dituruti.

Suatu saat sewaktu kami bawa ke rumah sakit dokter sangat terkejut dan menyuruh saat itu juga untuk diopname. Dengan sigapnya dokter memeriksa Mama dan Mama langsung menjalani tes ini tes itu yang aku tidak mengerti yang akhirnya membawa dokter memvonis Mama harus cepat dioperasi karena Mama terserang kanker rahim yang sudah sangat gawat. "Ya Tuhanku....." aku hanya bisa ber-istigfar lemah.

Setelah musyawarah ini itu dan tetek bengeknya, akhirnya operasi pengangkatan rahim dilakukan dan beberapa minggu kemudian Mama diperbolehkan pulang dengan catatan harus sering kontrol dan banyak istirahat. Kami semua bergembira atas keberhasilan operasi apalagi kami melihat Mama begitu cerianya se-akan-akan tidak pernah dihinggapi penyakit yang menakutkan itu. Kami tidak henti-hentinya mengucap syukur.

Namun, manusia hanya bisa berusaha, selanjutnya Allah lah yang berkehendak. Kegembiraan itu tidak lama kami rasakan, tak sampai 4 bulan Mama terlihat letih dan kedua kakinya agak membengkak juga fisiknyapun semakin lemah. Kembali kami membawanya ke dokter semula, kali ini dokter memberi surat pengantar ke rumah sakit khusus di Riyadh, apa yang terjadi..?????

Duh KoKiers, rupanya kanker telah menjalar ke seluruh tubuhnya. Betapa terkejutnya kami terutama Bapak mertua sangat syok. Saat itu juga kami berangkat ke Riyadh dan sampai di Riyadh Mama langsung diopname dan Mama kembali menjalani pemeriksaan yang lebih detail. Beberapa hari kemudian dokter memanggil bapak dan menjelaskan bahwa Mama penyakitnya sudah sangat susah disembuhkan karena telah menyerang paru-parunya. Kami semua bertangisan mengetahui ini semua, apalagi dokter menambahkan kesembuhan untuk hidup 10% dan Mama harus menjalani kemoterapy.

Akhirnya bapak mengambil keputusan membawa pulang mama ke Mekkah dan hanya menelan obat yang diberikan dokter saja. Hari semakin hari, keadaan Mama semakin memburuk. Semua anak-anaknya berkumpul dan bergantian menjaganya. Dan tidak sampai satu bulan kembalinya dari Riyadh kanker meruntuhkan ketegarannya. Mama terkulai lemah dengan cairan coklat dari mulutnya Mama menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Wajahnya yang cantik percampuran melayu dan india, keceriaannya, ketabahannya sampai kini masih terbayang dimataku. Terlalu banyak kenangan indah bersamanya karena semenjak berumah tangga aku tinggal bersamanya. Rasanya tidak mudah aku melupakannya. Kedekatan Mama dengan diriku atau juga dengan anak-anaku yang kuperhatikan melebihi dari yang lain, kadang-kadang aku merasakan ada kecemburuan mereka. Aku juga merasakan Mama bukan menganggap aku menantu tapi melebihi anaknya sendiri. Aaaakhhh...begitu cepatnya kebersamaan ini terpisah, masih terngiang nasehatnya yang sangat berguna bagi diriku.

SELAMAT JALAN MAMA SEMOGA ARWAHMU DITERIMA DISISI ALLAH SWT...AMIIIIN. Harapanku tentu saja, kelak....anak-anak mantuku akan memujaku sebagai Mertua yang cantik dan mertua tersayang.



Kenangan Seputar Pemilu: Ah, Gelap

Bagong Julianto, Sekayu-Sumsel


Diajeng Zevie & Kokiers,

Selalu seputar kenangan. Untuk diresapi. Pahit getir manis asem kecut, berharap semuanya tetap memberi manfaat. Yang pahit sebagai obat. Yang manis sebagai gairah selera. Pemilu dalam rentang waktu, benarkah kita telah belajar dan mengambil manfaat darinya? Atau selalu belajar terus, terus dan terusss.......

1. Pemilu dan Lagu.

Sriwedari, Solo seputar 1972. Hiburan massal kampanye. Ada lagu keroncong populer yang dinyanyikan Waljinah, memuja-puji pohon beringin sebagai pohon yang paling tertua. Lhah, betulkah ini?! Kalau dinalar ini layak didebatkan sepanjang waktu, tapi karena di dalam lagu dan dihakpateni oleh partai penguasa, siapa lagi yang mau mengusiknya?!. Ketika telah berkuasa, dan terbukti banyak janji tiada terbukti, maka Nartosabdopun, dalang dan seniman adiluhung itu bersaksi: “Ojo sok gampang, janji wong manis, ‘yen ‘to amung cidro....” Jangan banyak berjanji saja sayang, nanti gak terbukti?!

Bahkan dipertegas lagi: “Aku iki prasasat, loro tan antuk jampi....”, aku ini bak menderita sakit namun tiada mendapat obat!. Sentilan itu berakibat lagu langgam “Ojo Lamis” itu diemohi oleh antek-antek dan gedibal penguasa. Alergi lagu, penyakit yang hanya bisa diobati oleh diri sendiri, itu kalau sudah bernurani.

Libo, Riau seputar 1992

“Dua...., dua......, duaaaaaa.... Dua lagi...”, lirik lagu dankndut ini telah diplintir kesana kemari dengan tujuan untuk mengarahkan massa mencoblos nomor dua. Saya bersama kolega berada di pojok lapangan sepakbola, jauh dari panggung tempat kampanye diselenggarakan. Ini daerah tertutup perusahaan, mestinya steril dari hura-hura kampanye tapi siapa bisa berkata tidak kepada penguasa setempat waktu itu? Jaket jatah pemberian yang saya kenakanpun membuat saya sesak luar dalam. Sekali itu saja jaket kuning terpaksa saya kenakan. Saya menjadi bukan saya.

Sebagai buruh, saya kehabisan alasan untuk tidak menghadiri hura-hura basa-basi itu. Beberapa hari lalu, seorang karyawan workshop yang ditunjuk sebagai Ketua RW, dengan bangga lapor telah ikut rapat pemenangan pemilu di Kecamatan. Banyak trik, banyak kiat, banyak cara yang telah dirancang ’nak dilakukan. Sungguh, bukan sikap ksatria gentleman!!. Benar kata Machiaveli!!. Gak sadar dia lapor pada siapa, pun begitu rahasia ini terpaksa saya telan. Paku, lipatan paksa, tanda tertentu, kartu pemilih triple (bukan double saja!!), coblos tour keliling pondok dari pagi sampai siang dst. Lhah, saya berada di dalamnya. Tiada daya. Mengingkari diri sendiri.

2. Pemilu dan Target.

Libo, Riau, 1992. Target 85%, kata Boss. Bersama kolega hal itu kami bahas. Saya berusaha pasif. Banyak trik ‘nak dilaksanakan, akhirnya sepakat merancang kemenangan hingga 90%. Teramat mudah dicapai dan dilampaui. Blang Simpo, Peureulak-Aceh Timur, 1997. ”Minimal 60%”, kata Boss. Saya kumpulkan staff. Mulai lagi omongbahaskan hal-hal absurd. Ini itu begini begitu, pesan dari Jakarta. Bisa, Pak, kata staff saya. Mereka rupanya sudah memetakan kekuatan masing-masing kontestan hijau, kuning dan merah di lokasi masing-masing. Jangankan 60%, 80% pun bisa kita buat Pak, gimana Pak?! Gak usahlah, jawab saya.

Hitungan yang dilakukan secara gak usah pakai trik paku dsb sudah mendapatkan angka 65%, melampaui target Jakarta. Ngurangi dosa, pikir saya. Seputar Sampit, th 2002. Iseng-iseng saya inlok seorang kolega yang ada jalur khusus untuk akses petinggi di Jakarta. “Gak ada target-targetan lagi sekarang. Biarkan saja. Awas yaa, ingat jangan main mata dengan orang-orang politik, lho!.”. Akhirnya datang juga kelegaan itu.

3. Pemilu dan Nurani.

Pemilihan umum. Masyarakat memilih, harapan dan keinginannya adalah bakal terwujudnya tata kehidupan yang lebih baik. Benarkah ini harapan yang sederhana dan semestinya mudah (sekali) mewujudkannya? Negara ada hanya untuk kesejahteraan warganya. Pemerintah adalah person ataupun kumpulan banyak person yang melaksanakan amanah warga negara. Jika pemerintah gagal, maka tidak bisa dikatakan negara itu bubar.

Sepakatkah jika kita mengambil kesimpulan singkat bahwa sampai dengan saat ini pemerintah dan kepemerintahan kita adalah kumpulan orang yang gagal? Gagal untuk menyejahterakan warganya, gagal untuk menyehatkan segenap aspek sosial budaya, politik ekonomi, hukum dan keamanan kenyamanan hidup berpenghidupan. Mudah, selalu mudah untuk mengatakan hal ini. Dan sulitkah menemukan jalan, membuat rintisan, menetapkan jejak ke kesejahteraan lahir-bathin? Di manakah nurani, ketika coblosan paku dilakukan? Ketika menghitung dan manambah jumlah? Ketika laporan rekapitulasi disusun? Ah, gelap......

Sampunnn... Suwunnnn ...(Bagong JL, Sky-0808)

Komentar :

ada 39 komentar ke “Fashion Show, Mertua & Kenangan Pemilu”
ariana mengatakan...
pada hari 

Malces, thanks for sharing, jadi tahu di balik acara fashion show, modelnya cantik-cantik.

farvel mengatakan...
pada hari 

kereeeeeeen.....

ariana mengatakan...
pada hari 

Mbak Srikandi dan mbak Thia, cerita yang apik, thanks for sharing.

ariana mengatakan...
pada hari 

Pak Bagong, sekarang sudah enggak coblos lagi, tetapi contreng... Thanks yaaa... jadi tahu banyak pengalaman dibalik pemilu, salam hangat.

farvel mengatakan...
pada hari 

Bicara ttg mertua..aq jg py mertua yg sgt baiiiiiik sekali..aq menganggapnya sbg mama dan beliau jg menganggapku sbg anak sendiri...sampai2 kalo aq dan suami beda pendapat,mama mertuaku lebih condong membelaku dan suamiku bercerita kpd semua teman2nya kalau dia bukan py seorang mama tp seorang mertua..hahaha..kebetulan aq sendiri tdk py seorang mama karena beliau telah wafat 5 thn silam..kt berdua sering hang out di sore hr...
shopping together,kalo menjelang musim summer sering berburu bikini dan nyoba2 di fitting room bersama dan saling kasih pendapat ttg cocok atw gak nya bikini yg mau dibeli..hahaha..pokonya hubungan kt berdua sgt dekat bgt..malahan dia selalu blg kalo dia mau dianggap sbg mama dan teman...te quiero mama..
thx buat mbak srikandi dan thia...

Anonim mengatakan...
pada hari 

Pertama.........kah ?

Another silent reader (Bumi Khatulistiwa)

farvel mengatakan...
pada hari 

thx buat malces,mbak srikandi,phia,BJ....yg udah sharing di KoKi...
salam
Farvel(Spain)

Unknown mengatakan...
pada hari 

Pertama deh...sepi

Unknown mengatakan...
pada hari 

Untung aku punya ibu mertua yg baik. Meski beda bahasa dan kultur, tapi beliau sayang banget ama aku. Maklum aku satu2nya mantu perempuan hehehehehe. Beliau juga pengganti mamaku, yg sudah meninggal. Makasih atas sharingnya mbak Sri dan Mbak Thia.

Chiko mengatakan...
pada hari 

absen dulu

tjantik mengatakan...
pada hari 

bu Sri dan bu Thia.. jadi ikut terharu biru nih bacanya.... daku juga bersyukur punya mertua yang juga sayang sekali padaku...

Dewi Meong mengatakan...
pada hari 

Malces, hhahaah, gw juga pernah kok bagian makeein si peragawati, makeein kain, kebaya boook, apa kagak ribut tuuh, mana cuman dikasih waktu 3 menit kan buat ganti baju, edaan bener deh
yang lebih edan lagi gw gak diajakin gladeresik. Untung semua suksess, hahahaha.Ternyata dibelakang panggung itu tidak segemerlapan di atas panggung yaa, hahaha, tapi kalau sukses semua, hati ploooong deh.

Jeng Sri dan Jeng Thia, ya mertua gw malah lebih baik dari enyak gw soalya kan kalau mertua gak pernah ngomelin ,kalau enyak kan biasa ngomelin kite, hahahah, tapi dua2 kite cinte mati deh, hahahah.

Pak Bagong, enak nyoblos di LN, sepii, kagak antree2 hehehehe, cukup waktu 5 menit, beres semua, hehehe.
MET NYONTRENG DEH BUAT BESOK yaaaak.

Dewi Meong mengatakan...
pada hari 

Farvel , asiik beeeng mertuanya yaak, duuh jadi ngiri nih gw, mertua gw juga dulu getuu,sering jalan bareng, gak yang laki, gak yang perempuan, tapi sekarang emak mertua dah sakit, jadi gak bisa ngeluyur bareng, diajak makan ice cream aja dah suseeeh setengah modar, (maksudnya kudu di rayu , pake rayuan maut gw hehehe ). bapak mertua sudah pergi Pulang, hiks hiks, gw juga emak babeh dah Pulang semua. Fer, nikmati deh yaah emak mertua nan baik hati, hehehhe selagi ada waktu buat menikmati yang enak2, hehehe

Dewi Meong mengatakan...
pada hari 

Jeng Sri, aku pernah loh liat seorang ibu yang baik hati luar dalam, tapi punya satu mantu cewek jahatnya kaya setan, hahaha untung beliau masih diberikan mantu cewek satu lagi yang baiknya kaya malaikat, jadi gak nelongsoo deh. Untung anaknya dua yaa, hehehe. gak ngebayangin deh kalau cuman satu, terus yang jahatnya kaya setan itu, wuakakak. Ibu itu tetep baik hati sampe ajal menjemput dengan mantunya yang kaya setan itu, hehehe. Untung Tuhan masih ADIL, hehehehe.

AnakD3s4 mengatakan...
pada hari 

@Malces
Sukur ada Koki, kalo di rumah 'sodaranya Jeng Ana' di kokom.com jangan harap bisa dapat info kayak gini. Tengkyuuu Malces!

@Srikandi & Thia
Artikelnya sangat menyentuh. Semoga kita2 yg masih punya Ibu & Mertua masih sempat membahagiakan mereka. Yang relasinya belum hangat, semoga bisa mulai mengusahakannya.

@Mas Bagong
Sebagian besar dari kita sudah mahfum akan kecurangan Si Pohon Beringin dalam pemilu2 lalu, tapi kayaknya baru Mas Bagong di Koki yang memberikan kesaksian. Semoga Mas Bagong bersyukur krn masih sempat merasakan pemilu yang lebih normal ya. Tengkyuuu utk sharing-nya!
Semua pemerintahan pasca Pohon Beringin memang harus bekerja ekstra keras, lha wong 35 tahun kekayaan negeri ini diperas hanya utk mereka dan kroninya. Semoga generasi berikutnya mampu membawa bangsa kita pada kesejahteraan sesungguhnya. Tetap semangat!

Anonim mengatakan...
pada hari 

Aku juga beruntung punya mertua yang baik. Tadinya sempat takut karena sdh lihat beberapa contoh dari sepupu yang punya mertua yang suka ikut campur urusan RT. Mertuaku tipe yang bagus utk dimintai pendapat tapi tidak suka memaksakan kehendak. Dr ibu mertuaku aku mendapatkan seorang ibu sejati dan di ayah mertuaku aku mendapat partner diskusi yang bisa dihandalkan dalam mengambil keputusan super berat. Sayang aku hanya bisa merasakan kasih sayang ibu mertuaku 2 tahun, tapi waktu singkat itu terpatri dengan indah dalam kenangan.

ESG

farvel mengatakan...
pada hari 

Mbak Dewi meong, emang aq sgt menikmati kebersamaan dgn mama mertuaku dan papa mertua,selagi ada wktu yah mbak.....
syukur bgt dah py mama mertua baik bgt walaupun beda bahasa dan kultur.

T.Moken mengatakan...
pada hari 

Setiap kali saya melihat potret di atas, ada diantara mereka seperti mannequin (patung model yang dipajang di toko pakaian).

T.Moken mengatakan...
pada hari 

T.Moken pada Mei 22 07:57
Bukan tulisan dari saya. Saya tidak pernah mendiskriditkan hasil karya seseorang baik itu hasil tulisan maupun hasil dari photografi, sekiranya Kokiers bisa membedakan dan selalu waspada terhadap ulah para penyusup.

L.Hendranata mengatakan...
pada hari 

asyiiiiiiiik MERTUA dah tayang..! trims pada Zev dan team yang mengelola 'gubuk' bahagia ini.

TERIMA KASIH pada semua yang baca dan koko, wah ikut seneng deh ternyata semua nulis punya mertua baiiik dan pasti jd mantu yang baik pula 'kan.???

sayang nih, ngak ada yang cerita bagaimana mantu lelaki dgn para mertuanya. saya punya 1 ipar lelaki yg sayang banget sama mertua saya, jd kita sama2 sebagai mantu, tp sang mantu lelaki ini, ampun deh telatennya sama sang mertua luar biasa, bayangkan setiap mertua mau pipis, dia yang tuntun dan bantu 'bebersih' segala, ternyata mantu lelaki aja lho yg HEBAT baeeknya.

Dewi, saya juga pernah ketemu mantu jahatnya gak ketolongan, sampai sesegukan sang mertua dijahatin sang mantu itu, saya hanya bilang padanya, 'duh, kamu punya anak, berarti kamu juga suatu hari jd mertua, biar aja pd saatnya tiba, kamu merasakan apa yg kamu perbuat pd mertuamu' amit-amit deh.! semoga saya gak kebagian dpt mantu yg jahat hahahaa, berdoa dari sekarang utk hal itu.

salam hangat untuk semua

L.Hendranata mengatakan...
pada hari 

ini titipan dari yanghti THIA yang tidak bisa koko karena lagi berlibur menikmati indahnya Pantai laut merah.

halooo kokiers, duh kangen ya, tempat main kita digusur. saya berdoa supaya tempat baru yang dibangun Zeverina cepat jadi, duh bete nih gak bisa hahihihi kayak dulu.

pada semua yang sudah membaca Mertua, terima kasih ya, aku salah satu mantu yang beruntung dapet mertua baik, semoga anak2ku juga dapet mertua yg baik, dan aku dapet mantu yg baik. amin amin.! doaku panjatkan

salam kangen dari Thia - Mekkah.

T.Moken mengatakan...
pada hari 

Penyusup (2009 Mei 22 18:29)anda adalah T.Moken palsu. Jangan memutarbalikkan fakta. Apa manfaatnya anda memakai nama saya. Kenapa anda senang menggangu saya?

T.Moken mengatakan...
pada hari 

Pemalsu nama T.Moken (2009 Mei 22 18:29) harus diperiksa oleh administrator. ID nya berakhiran 99 sedangkan saya T.Moken asli berakhiran 38.

T.Moken mengatakan...
pada hari 

Wahai T.Moken palsu, mengapa anda menyuruh-nyuruh admin? Kekhawatiran anda mencerminkan jika andalah salah satu penyusup disini. T.Moken asli tidak phobia terhadap pemalsu id, justru tindakan anda telah membuka tabir sendiri akan sandiwara anda selama ini. Bersikaplah secara cerdas dan bijak.

Anonim mengatakan...
pada hari 

Kok masih ada susup menyusup yah? Semoga di rumah baru nanti akan ada sistem yang akan langsung menolak pendaftar dengan nama yang sama dan alamat email yang sama. Jadi tidak akan ada yang menggunakan ID orang lain ataupun menggunakan satu email utk beberapa ID.

ESG

Suika Cantik mengatakan...
pada hari 

Cewek Fashionnya cantik cantik hahahaaa

Suika Cantik mengatakan...
pada hari 

Mertuanya Suika baik bangeeeeet nget nget nget hahahaha bapak-ibu mertua sabar2 hahahahah...sejak pengantin baru sampai skrng blm pernah tinggal di rumah mertua wakakakkaa lha pengantin baru udah di rumahnya sendiri...Sejak nikah sampai sekarang blm pernah beli beras wakakaka lha dianterin terus tuh tiap bulan ama mertua wakakaka di jatah beras menthik/rojolele hahahahaaa

Unknown mengatakan...
pada hari 

iya nih penyusup masih betah ternyata disini yaa
siapa aaja bisa jadi kurban, payah nih. Sabar aja yah para KOKIER

sasha mengatakan...
pada hari 

model nya cantik-cantik yaa

Anonim mengatakan...
pada hari 

Malces, seputar fashion show, tulisan yang menarik.

Mbak Sri dan mbak Thia, berbahagialah, karena mempunyai mertua yang sangat baik, mertuaku juga begitu. Tq sudah sharing, salam kenal.

Mas Bagong, ooo... ternyata begitu ya, pemilu waktu itu, trims sudah berbagi.

Nungky.

L.Hendranata mengatakan...
pada hari 

Sips ada tambahan Suika n Nungky yang ngaku punya mertua baiiiik. berarti kita2 termasuk org yg beruntung.! semoga anak2 kita juga seberuntung kita2 dapat mertua yang baik ya.

Nungky, salam kenal kembali, trims sdh baca n komen.

Tulip Biru mengatakan...
pada hari 

ternyata ribet juga ya jadi seorang foto model.

LynaKuwait mengatakan...
pada hari 

malces, tenkyu ya buat laporan fashion shownya, duhhh jadi inget artikelnya Oom Samuel Mulia, sejak KOKI diberangus jadi gak pernah baca tulisan beliau lg hix...

LynaKuwait mengatakan...
pada hari 

Mbak Sri, Yang Thi, makasih buat sharingnya, berbahagialah krn punya mertua yg baek, mudah2an suatu saat juga aku dapet mertua yg baek bukan cuma suami yg baek hehe..

kembangnanas mengatakan...
pada hari 

pak bagjul, kata orang2 di kantor, dulu klo mw pemilu dibagiin amplop kuning buat semua karyawan dan bahkan suuh buat pernyataan mo pilih pohon beringin (halah)

Suika Cantik mengatakan...
pada hari 

Mbak Srikandi..lha piye?lhawong mertuanya Suika pancen baik tenan je kekeekkeke..Iya aku sangat sangat dan teramat sangat beruntung dapet misua ganteng baik hati dan kantong tebel wakakaka serta mertua yg sabar dan murah senyum serta penyayang...keberuntunganku seolah dobel tribel deh wakakakkaa...Begitu juga Suika jg sayaaaang sekali sm bpk-ibu mertua...Betul deh semoga putriku kelak juga dapet mertua yg baik seperti mertuanya mama hahaha...

BTW aku kangen sm Reef nih...Reeeeeef I miss U.......LYNA maafkan daku kmrn di YM jatuh bangun wakakakakaa....Sasha cantik cepat sembuh yaaaaaa....Mbak DEWI MEONG i miss u........mbak sri dan mbak thia artikel yg bagus..kolaborasinya sll merdu...salam hangat dari Suika Cantik tik tik tik yg lg Repot pot pot pot

Anonim mengatakan...
pada hari 

hallo semuaaaa....makasih ya yg udah pada komen,sebel nih mo komen gak bisa2,jadi tiap hari cuma diplototin aja tuh kokiku sayang tanpa bisa membelainya caileeee....hai sri thanks buat semuanya.

Dewi Meong mengatakan...
pada hari 

absen lagi deh...suika cantik tik tik tik, miss u tooo...lagi repot pot pot sampe ngepot pot pot, Maaaaaak, pigimanaaa maak, mau ada kabar gembira apa belon nih maaaak....

Hatiku dag dig dug nih, nungguin kabar dari mamak ku sayank.

Suika Cantik tik tik tik mengatakan...
pada hari 

Mbak Dewi Meong hahaha iyo skaing repotnya sampai ngepot pot pot pot hahaha....Selamat Pagi sdh sarapan blm?????hari ini Suika sm Yayank gak ke Opis ..mlainkan mo Kluar kota(ke Osaka) hahah urusan kerja sih gak jalan2 wakakak (mosok jln2 muluk mauku hahaha)..so Buat Mbak dewi meong sampai jumpa lagi nanti sore yah sayang...kl Suika dah pulang dari Osaka wokeh???...salam hangat buat dirimu seorang emmuachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh..dadaaaag Suika brangkat dulu yah ..byeeeeeee

Posting Komentar

 

Bilik Gemuruh (Chatroom)

Pelajaran SMP

Kokiers

HEADLINE NEWS
pengunjung sejak 29 April 09

Greeting