headlines

28 April 2009

Tsuyoshi Kusanagi: Telanjang dan Mabuk

Ryu & yuka-chan no mama - Jepang

Dear Zev dan KoKiers ,

Tak disangka tak dinyana SMAP , grup band yang ternama di Jepang ( didirikan pada bulan April 1988 ) tersandung masalah lagi . Salah satu anggota SMAP , Tsuyoshi Kusanagi , 34 tahun ditahan polisi Jepang pada hari kamis 23 April 2009 pukul 3 dini hari di sebuah taman , pusat Tokyo .

Kasus Goro Inagaki

Beberapa tahun yang lalu ( sekitar 3 - 4 tahun yang lalu ) , salah satu anggota SMAP Goro Inagaki pun tersandung masalah . Pada saat itu , Goro Inagaki mengemudikan mobil dan tidak terduga menabrak pejalan kaki ( atau menabrak mobil milik orang lain ya ? ) , akibatnya Goro Inagaki pun berurusan dengan polisi . Sekitar 1 tahun setelah kejadian naas itu , barulah Goro Inagaki bangkit kembali untuk aktif dalam grup band SMAP .

Kasus Tsuyoshi Kusanagi

Sedangkan kasus yang sekarang menimpa salah satu anggota SMAP cukup parah . Tsuyoshi Kusanagi ditahan polisi Jepang dikarenakan mabuk , bertingkah laku tidak karuan dan yang paling parah adalah melakukan aksi Telanjang . Untuk aksinya bertelanjang bulat di depan umum itulah yang mengantarkan Tsuyoshi Kusanagi terkena cekal dari pihak polisi Jepang .

Tsuyoshi Kusanagi diketahui pada tanggal 22 April pukul 8 malam hingga dini hari pukul 2 ( 23 Apri ) bermabuk - mabuk setelah sebelumnya mengunjungi salah satu bar minuman keras yang terletak di Akasaka , Tokyo .

Urutan kejadian adalah sebagai berikut , malam naas 22 April 2009 , Tsuyoshi Kusanagi makan malam bersama teman pria dan wanita yang berjumlah 3 orang . Selesai makan malam bersama , teman pria pamit pulang sedangkan teman wanita pun pamit kembali ke mansion ( semacam apartemen ) yang cukup dekat . Jadilah Tsuyoshi Kusanagi sendirian bermabuk -mabukan dan sampailah ke salah satu taman di Tokyo pusat .

Di taman inilah Tsuyoshi Kusanagi melakukan aksi telanjang bulatnya yang berujung ditangkap oleh pihak kepolisian pada pukul 3 dini hari . Saat ditangkap pun dalam keadaan mabuk dan terus bertanya , " Kenapa tidak boleh telanjang ? " .

Sejarah SMAP

SMAP adalah grup band yang sangat ternama di Jepang , didirikan pada bulan Apil 1988 . SMAP terdiri dari 5 anggota bintang pop yaitu , Masahiro Nakai , Takuya Kimura , Tsuyoshi Kusanagi , Goro Inagaki , dan Shingo Katori . SMAP kepanjangan dari Sports Music Assemble People . Kelima anggota SMAP ini mempunyai keunikan dan kelebihan tersendiri .

Masahiro Nakai adalah anggota paling senior dalam SMAP , anggota yang " bersih " dari gosip dan masalah . Masahiro Nakai adalah pemimpin grup SMAP yang disegani , aktif sebagai pemandu acara televisi biasa dan spesial seperti 27 hour Television di Fuji Televisi juga sebagai bintang iklan .

Takuya Kimura adalah anggota SMAP yang paling tampan , yang paling terkenal diantara 5 anggota SMAP , biasa dipanggil Kimutaku . Cukup banyak drama yang dibintangi Kimutaku sukses seperti " Kimi wo wasurenai " . Kimutaku adalah satu - satunya anggota SMAP yang telah menikah . Pernikahannya dengan artis Shizuka Kudo , menyebabkan banyak pengemarnya " patah hati " . Saat ini telah memiliki 2 anak . Penikahannya cukup langgeng .

Goro Inagaki pun memiliki talenta yang menonjol dalam vokal dan juga berbakat bermain drama televisi dan panggung . Goro Inagaki pun membintangi cukup banyak iklan di Jepang . Setelah tersandung kasus 3 - 4 tahun yang lalu , hingga saat ini masih eksis di dalam grup SMAP . Goro Inagaki termasuk paling pendiam diantara anggota SMAP lainnya .

Shingo Katori adalah anggota SMAP yang terbesar fisiknya , anggota termuda dalam SMAP . Perawakannya yang tinggi dan selalu tersenyum membuat Shingo Katori di gilai banyak wanita . Salah satu lagu single yang terkenal adalah " Oha " , dimana Shingo Katori berpenampilan sebagai seorang mama , sehingga terkenal dengan sebutan " Shingo mama " . Shingo Katori pun merupakan aktor berbakat dan bintang iklan terkenal .

silakan klik

Tsuyoshi Kusanagi pun memilik banyak talenta musik bahkan anggota SMAP satu - satunya yang fasih berbahasa Korea. Disamping itu juga mampu berperan sebagai aktor dan bintang iklan .

Saya kutip dari Wikipedia , bahwa sebenarnya saat didirikan bukan 5 anggota akan tetapi 6 orang yaitu Katsuyuki Mori , akan tetapi dalam perkembangannya ternyata Katsuyuki Mori mengundurkan diri pada bulan mei 1996 karena pertimbangan ingin konsentrasi di balap mobil .

Popularitas SMAP bertahan hingga saat ini ( 1988 - 2009 ) , dalam arti masih disukai masyarakat Jepang . Hingga saat ini , SMAP melejit dengan 5 anggota yaitu Masahiro Nakai , Takuya Kimura , Tsuyoshi Kusanagi , Goro Inagaki dan Shingo Katori .

Salah satu lagu hit dari grup SMAP yang terjual hingga lebih dari 2 juta keping adalah " Sekai ni hitotsu dake no hana ( ?????????? ) . Lagu ini sangat akrab di telinga rakyat Jepang , indah sekali dan mengobarkan semangat untuk berjuang .

silakan klik :

Perkembangan kasus Tsuyoshi Kusanagi

Akibat kasus Kusanagi , Menteri Komunikasi Jepang , Kunio Hatoyama , marah besar bahkan sempat mengeluarkan kata -kata " keras" sebagai ungkapan kemarahan yang luarbiasa dalam jumpa pers . Kemarahan ini disebabkan kementerian komunikasi menampilkan grup SMAP dalam kampanye " tahun 2011 sebagai tahun awal penggunaan terrestrial digital broadcasting secara nasional di seluruh Jepang ". Bisa di pahami bagaimana malunya kementrian Komunikasi Jepang akibat kasus " telanjang bulat di depan umum " .

Sedangkan Tsuyoshi Kusanagi hingga saat ini masih dalam tahanan pihak polisi . Saat terekam oleh salah satu kamera dari televisi Jepang , nyata terlihat raut muka yang kusam , kurang istirahat . Melihat Tsuyoshi Kusanagi diperlakukan sebagai salah satu pesakitan sungguh pemandangan yang menyedihkan . Trenyuh rasanya melihat Tsuyoshi Kusanagi yang biasanya selalu berpenampilan rapi dan elegant , sekarang justru kebalikannya .

Akan tetapi hasil jajak pendapat yang di lakukan pihak televisi swasta justru memperlihatkan banyak rakyat Jepang ( terutama kaum wanita ) yang merasa simpati dengan naasnya Tsuyoshi Kusanagi . Bahkan cukup banyak yang mengucapkan kata - kata untuk tegar dalam menghadapi kasus ini , gambatte kudasai .

Hal ini sangat berbeda dengan kasus Menteri Jepang , Shoichi Kanagawa yang mabuk , seperti yang pernah saya tulis di dalam artikel KOKI yang lalu , silakan klik

http://community.kompas.com/index.php/read/artikel/2378 Berjudul " Ulah Menteri Shoichi Nakagawa "

Pada kasus Shoichi Nakagawa , simpati rakyat terhadap Mentri Shoichi Nakagawa tidak ada , bahkan justru memunculkan antipati . Hal ini agak berbeda dengan kasus Tsuyoshi Kusanagi , yang mana cukup banyak rakyat Jepang ( terutama kaum wanita ) yang bersimpati dengan nasib naas-nya , bertelanjang bulat di depan umum akibat mabuk . Rata- rata dengan alasan , Tsuyoshi Kusanagi masih muda , 34 tahun , masih panjang jalan kariernya , apa boleh buat namanya juga mabuk , dan lain sebagainya .

Bagaimanapun manusia kadang kala khilaf . Semakin tinggi popularitas seseorang maka semakin kencang pula tiupan permasalahan yang di hadapinya bukan ?

Pandangan pribadi dari Penulis

Manusia tetap manusia yang kadang bisa khilaf melakukan kesalahan . Lebih dari cukup buat Tsuyoshi Kusanagi . Akibat kasus ini banyak hal yang bisa diambil hikmahnya sebagai pelajaran hidup , beri dia kesempatan . Yang sudah terjadi biarlah terjadi dan akan tetap di pertanggungjawabkan oleh Tsuyoshi Kusanagi . Terbukti dia pun sudah sangat menderita dalam tahanan polisi bahkan Tsuyoshi Kusanagi sempat drop kondisi kesehatannya akibat tekanan batin dalam menghadapi kasus ini .

Di satu sisi , nama besar SMAP tercoreng dengan ulah Tsuyoshi Kusanagi , akan tetapi apa boleh buat nasi telah jadi bubur . Kalau tokh sudah jadi bubur pun tetap bisa dimasak menjadi bubur yang lezat bukan ?

Selesai kasus ini pun , biarkan Tsuyoshi Kusanagi " bangkit " kembali dari keterpurukannya , jalan karier-nya masih panjang . Janganlah karena masalah " telanjang bulat " berakibat hancurnya kreativitas Tsuyoshi Kusanagi . Majulah selalu untuk selalu memberikan karya yang terbaik . Kusanagi - san , Ganbatte Kudasai !

Referensi dari berbagai sumber antara lain :

  • Yomiuri Shimbun edisi 24 April 2009 , halaman 39
  • Wikipedia , Asahi- TV , Kompas . com , You Tube .

Salam hangat dari Jepang ,

Ryu & Yuka-chan no mama

Catatan Penulis : Kesamaan informasi tidak bisa di hindari karena penulis menuliskan artikel tentang SMAP , terimakasih .

Komentar :

ada 1
Anonim mengatakan...
pada hari 

Saya adalah salah satu dari sekian banyak fans SMAP di Jakarta...Saya senang sekali membaca uraian anda tentang kasus yg pernah menjerat salah satu bintang kesayangan kami Tsuyoshi Kusanagi. Dan yang paling saya senangi lagi anda tidak menghakimi dia, sebagaimana yang pernah saya baca di Kompas(kasus ini dimuat di Kompas).
Menurut saya seorang manusia punya hak untuk berbuat salah dalam hidupnya agar menjadi patokan/panduan perjalanan hidup selanjutnya. Begitu juga dengan Tsuyoshi, sejak kasus itu dia sudah di skors oleh agensi-nya selama 3 bulan agar dia bisa menenangkan diri. Selama itu pula nasib SMAP banyak dipertanyakan...Karna sebelum2nya sudah banyak kasus yg menimpa mereka. Awal karir mereka tidaklah mulus seperti grup band lain asuhan Jhonny's Agency, yang langsung berkibar ketika debut pertama. Debut mereka di tahun 1988 tidak terlalu disambut oleh masyarakat Jepang, bahkan tiket konser mereka tidak penuh terisi. Sehingga SMAP nyaris dibubarkan. Tahun 1996, begitu SMAP mulai berjaya, tiba2 Mori Katsuyuki hengkang karna ingin serius berkaris di balap motor, tahun 2000 Kimura Takuya memutuskan menikah, sehingga ditakutkan fans yang tidak setuju akan menghambat karir SMAP, tahun 2001 Inagaki Goro menabrak lari polisi wanita yg hendak menilangnya krn masalah parkir....Tapi berkat tangan dingin sang leader, Nakai Masahiro, yang memang sangat mencintai SMAP berjuang habis2an untuk mempertahankan SMAP tetap utuh dan berjaya (untuk anda ketahui agensi yg menaungi SMAP adalah agensi yang paling bergengsi di Jepang, terkenal punya banyak peraturan.Tak sedikit artis yg dipecat karna skandal yg dibuat). Dan juga komitmen yang mereka miliki untuk terus bersama. Ketika kasus Tsuyoshi terjadi, kami para fans di Indonesia, sangat khawatir akan kemungkinan SMAP bubar atau yang lainnya. Karna semua produk yang memakai Tsuyoshi menarik iklan mereka dari Jepang, produksi TV juga demikian. Bahkan kabarnya saham Jhonny's ikit2 menurun.Namun lagi2 mereka berhasil bertahan. Kami bangga sekali dengan mereka.

Kami menyukai SMAP bukan hanya karna "tampangnya" aja...tapi keseluruhan mereka, talent yg mereka miliki. Juga kalau untuk saya pribadi saya sangat tersentuh dengan lagu2 mereka (seperti yang anda sebut, Sekai ni hitotsu dake no hana : membuat saya semangat ketika sedang down dan banyak lagu2 lain)
Performance mereka sangat menghibur, lucu. Padahal usia mereka sudah termasuk om-om hehehehe.

Sekarang SMAP sudah dalam kondisi terbaik mereka. Siap menggeser chart lagu(selalu mendominasi chart lagu Jepang, padahal suara mereka tidak istimewa, tapi sekali lagi "mereka"nya lah yg istimewa). Kami selalu mendukung mereka, mengikuti sepak terjang mereka.

Saya ingin mengucapkan terimakasih atas tulisan anda.

Posting Komentar

 

Bilik Gemuruh (Chatroom)

Pelajaran SMP

Kokiers

HEADLINE NEWS
pengunjung sejak 29 April 09

Greeting