headlines

22 Juni 2009

Orang Gila

Blog Review

Tadi siang saya mengikuti acara talkshow mengenai buku yang ditulis oleh Bob Sadino, yang berjudul “Mereka Bilang Saya Gila” bertempat di toko buku Gramedia - Matraman Jakarta. Buku ini menceritakan pandangan Bob Sadino mengenai kewirausahaan (entrepreneurship) sebagai suatu lessons learned dari pengalaman kehidupan seorang Bob Sadino, yang memang terbukti sebagai wirausaha handal dan papan atas. Pencapaian yang telah beliau raih adalah suatu bukti bahwa beliau memang layak untuk didengarkan untuk berbicara mengenai kewirausahaan. Ini adalah pengalaman dari yang merasakan sendiri, jadi tidak mengada-ada.


Harus saya akui, dengan segala sikap nyentrik dan nyelenehnya, Bob Sadino adalah sosok wirausaha yang saya kagumi. Saya pernah beberapa kali berdiskusi secara instensif dengan beliau pada berbagai forum diskusi manajemen yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen PPM pada kurun waktu tahun 2002 - 2003. Di balik semua sikap dan cara bicaranya yang nyeleneh, sebenarnya terkandung suatu pemikiran yang hebat yang layak untuk dipelajari.

Berikut ini adalah catatan saya mengenai acara talk show tersebut.

Pertama, acara ini sama sekali tidak membahas buku Bob Sadino. Acara ini sama sekali bukan bedah buku. Saya tadinya berharap, akan ada acara bedah buku, tetapi yang terjadi justru hanyalah puja-puji dari para panelis kepada Bob Sadino, tanpa membahas sedikitpun isi bukunya. Masing mending Bob Sadino, yang memberikan kesempatan kepada audiens untuk bertanya apa saja mengenai kewirausahaan. Padahal ada konsep yang menarik yang perlu dibahas di dalam buku Bob Sadino itu, yaitu konsep lingkaran Bob Sadino mengenai pembelajaran seorang wirausaha. Menurut saya, konsep Bob Sadino ini sangat bagus dan layak untuk dibahas tuntas sebagai pembelajaran untuk para wirausaha maupun calon wirausaha. Sebaiknya acara ini tidak berjudul “bedah buku”, melainkan cukup “jumpa fans” Bob Sadino, maka ini lebih pas rasanya.

Kedua, ... mau tahu lanjutannya, silakan baca disini

Komentar :

ada 0 komentar ke “Orang Gila”

Posting Komentar

 

Bilik Gemuruh (Chatroom)

Pelajaran SMP

Kokiers

HEADLINE NEWS
pengunjung sejak 29 April 09

Greeting